About Me


Assalamualaikum Warahmatullahi Wa Barokatuh

Namaku Nabila Ghaida Zia. Nama indah ini memiliki arti perempuan yang cerdas dan lemah lembut. 

Aku tinggal di sebuah desa yang terletak di pegunungan. Aku seringkali menyebutnya kota di atas awan. Karena bagiku meskipun ini desa namun kemajemukan masyarakat dan perkembangan perekonomiannya yang pesat membuat desa ini bagaikan kota. Aku tinggal di Desa Leksana, Karangkobar, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Apakah kamu ingat peristiwa longsor yang menghilangkan satu desa di akhir tahun 2012? Kalau kamu masih ingat maka desa itu masih satu kecamatan dengan tempatku tinggal. 

Adanya tanah longsor itu pun menjadi cikal bakal berdirinya sebuah TK Islam Terpadu Ibnu Hajar Al-Asqolani yang menjadi tempatku belajar, berkarya, berbagi, bermanfaat dan berdampak untuk masyarakat sekitar.

Aku memiliki prinsip hidup atau tagline dalam menjalani hidup ini, yakni:

Belajar, Berkarya, Berbagi , Bermanfaat,  dan Berdampak Karena Allah Subhanahu Wa Ta'ala .

Karena hidup hanya sekali maka aku tak mau hidup ini berjalan biasa-biasa saja.

Aku lulus tahun 2017 dari jurusan statistika Universitas Diponegoro. Setelah aku lulus, aku memilih membaktikkan diriku pada orang tua. Alih-alih merantau maka aku menuruti orang tua untuk kembali ke desa. Ada TK Islam Terpadu yang membutuhkan bantuanku. Maka mulai dari 2017 hingga sekarang aku bersandang gelar ustadzah TKIT Ibnu Hajar Al Asqolani. Mulai awal tahun 2019 ini aku diminta untuk menjadi wakil kepala sekolah di TKIT Ibnu Hajar Al-Asqolani.

Aku tak menyesal menjalani pekerjaan yang berbeda dari jurusanku. Karena pada dasarnya aku orang yang suka belajar jadi tak masalah dengan pekerjaan menjadi guru TK. Menjadi guru TK itu bagaikan sedang belajar cara mendidik anak. Sedari dulu memang cita-citaku ingin menjadi guru. Namun ketika kuliah cita-citaku berubah ingin menjadi seorang pengusaha dan untuk sekarang aku ingin menjadi seorang yang memiliki profesi yang selalu berdekatan dengan ilmu.

Kata salah seorang penulis ternama.

"Milikilah profesi yang dekat dengan ilmu semisal menjadi guru atau penulis."

Alhamdulillah, aku sedang menjalani kedua profesi itu, sebagai seorang guru dan penulis. Hobiku sedari dulu adalah membaca buku dan belajar berbagai hal baru yang memuaskan hasrat keingintahuanku. Oleh karena itu aku menyebut diriku sebagai muslimah pembelajar sejati sebagaimana nama blog-ku Long Life Muslimah Learner.

Ada kebahagiaan tersendiri ketika bisa belajar berbagai hal dan mengajarkannya. Semenjak menjadi guru TK aku semakin tersemangati untuk rajin belajar, mengamalkan apa yang dipelajari dan mengajarkannya. Aku suka mengajar anak-anak untuk menghafal Al-Quran.  Seperti sebuah hadits yang menyebutkan bahwa

Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al Qur'an dan mengajarkannya.

Hadits itu yang juga menyemangatiku ketika mengajarkan Hafalan Al Qur'an untuk anak-anak TK.

Teringat impianku untuk mempunyai Rumah Al Qur'an dan tahfidz Al Qur'an, rumah singgah anak yatim piatu, bisnis di bidang kepenulisan yang mayoritas karyawannya adalah anak-anak yatim piatu. 

Selain menjalani pekerjaan sebagai guru TK, aku pun menyisihkan waktuku untuk menulis dan mengikuti komunitas untuk mengembangkan kapasitas diriku. 

Menulis adalah pekerjaan yang membahagiakan untukku. Kini aku bertekad ingin menjadi penulis profesional yang berdampak bagi masyarakat agar bisa menjadi amal jariah untukku.

Pengalaman menulisku dimulai dari menulis blog, ada beberapa platform yang aku gunakan untuk mencurahkan kata-kata. Adapun blog yang aku miliki adalah

  1. nabilaghaida.tumblr.com (tulisan tentang refleksi kehidupan)
  2. nabilaghaidazia.wordpress.com (tulisan tentang pengalaman)
  3. nabilaghaidazia.wix.com (tulisan tentang profil diri)
  4. nabilaghaidazia.com (blog ini insya Allah menjadi saranaku untuk menjadi penulis profesional)




Selain itu aku pernah menulis di beberapa platform online seperti hipwee, idntimes, moeslema.com. Aku juga pernah mengerjakan beberapa projek kepenulisan yang berbeda-beda. Projek kepenulisan yang pernah aku kerjakan dan prestasi kepenulisan yang pernah aku raih diarsipkan dalam bentuk portofolio. Adapun portofolio kepenulisanku bisa di download disini.

Aku sangat suka berjejaring dengan siapapun. Bila kamu mau tahu lebih dekat denganku atau ingin bekerjasama denganku, aku sangat welcome :D . 

Silahkan hubungi aku pada email berikut:
 nabilaghaidazia@gmail.com 
atau kalau kamu mau kepo sosial mediaku bisa klik icon sosial media yang ada di sidebar.

Semoga postingan di blog-ku bermanfaat ya. Kalau postinganku bermanfaat kamu bisa share ke sosial mediamu.

Semangat belajar, berkarya, berbagi, bermanfaat dan berdampak.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wa barokatuh


  • Share: