Bedah Cara Menjadi Blogger Sukses di Acara Marathon Coaching Growthing

By Nabila Ghaida Zia - Oktober 30, 2020




Pernahkah kamu bertanya-tanya bagaimana cara menjadi blogger sukses? 

Lewat tulisan ini, aku ingin berbagi ilmu dari para mastah di bidang blogging tentang cara menjadi blogger sukses.

Definisi sukses tak melulu terkait dengan uang.  Salah satu definisi sukses bagi seorang blogger adalah tersampaikannya informasi yang ditulisnya di blog pada sebanyak mungkin pembaca. 

Perjalananku Ngeblog 

Kalau ditanya kapan pertama kali ngeblog? Jujur sebenarnya sudah lama. Memulai blog dengan platform blogspot ini udah dari tahun 2012 karena ada tugas kuliah. 

Namun, ngeblog yang benar-benar diseriusi itu dimulai pada bulan November 2019. Pada bulan November 2019 aku memutuskan untuk membeli domain. 

Alasanku waktu itu karena terpicu oleh teman-teman dari kelas blogging Genmile Banjarnegara. Memang senang ya kalau bertumbuh di komunitas yang satu passion. 

Udah beli domain tapi ilmu ngeblog masih cetek, akhirnya aku memutuskan untuk ikut mentorship blogging dengan izin suami. Karena harga investasinya cukup lumayan, gajiku sebagai guru TK sebulan ndak cukup buat membayarnya. 

Awal tahun 2020 memang sudah punya resolusi di dunia blogging. Kamu bisa baca resolusiku di artikel Ya Allah inilah 3 resolusiku di dunia blogging. 

Karena tekad sudah ada, maka terbuka jalan darimana saja. Aku ikut mentorship blogging seharga 1,2 juta selama satu bulan. Alhamdulillah semenjak Februari 2020 hingga kini banyak pintu rezeki terbuka dari dunia blogging ini.

Ingat ya kalau rezeki nggak terbatas pada uang saja. Ilmu baru itu rezeki, pertemanan itu rezeki, keinginan untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya juga rezeki. Alhamdulillah.

Apa itu Acara Marathon Coaching Growthing?

Banner Acara Marathon Coaching Growthing 


Alhamdulillah pandemi ini membawa banyak berkah. Satu pintu tertutup, pintu lainnya terbuka demikian lebar. 

Aku bersyukur sekali, keinginan belajar blogging lebih dalam terbuka lebar di masa pandemi ini. Kabar gembiranya itu, banyak pelatihan dan kelas online tentang blogging dan GRATIS!

Nah, event yang menarik, nggak kaleng-kaleng materinya, dan GRATIS adalah acara maraton coaching. 

Nah, dalam acara ini dibedah beberapa skill cara menjadi blogger sukses. Ingat juga ya, sukses ini bukan hanya terkait uang saja ya. 

Acara Marathon Coaching Growthing ini diselenggarakan atas kolaborasi dari Growthing dan BRT Network. Acara ini terselenggara selama tiga hari mulai dari tanggal 26-28 Oktober. 

Kalau boleh kubilang acara ini terselenggara dalam rangka menyongsong hari bloger nasional. 

Nah, selama tiga hari itu ada tiga materi yang berbeda. Materi tersebut dan pembicaranya adalah sebagai berikut:

1. Materi Bongkar Rahasia Page View Blog yang disampaikan oleh Mba Rini Novita Sari dan Mas Bahrul Ilmi. 

2. Materi Fotografi dan Media Sosial yang disampaikan oleh Mba Gilang Maulani dan Mas Ilham Sadli

3. Materi Diskusi Santai Tentang Blog dan SEO bersama Mas Irwin Andriyanto dan Mas Punto Wicaksono. 

Tiga hari ikut acara Marathon Coaching Growthing ini rasanya seneng dapat ilmu baru, pembawaan host dan moderatornya santai dan humoris sehingga membuat acara cepat sekali berlalunya. 

Bahkan saking serunya, acara ini harusnya selesai pada pukul 21.00 WIB. Namun, karena keseruannya tidak hanya di materinya, tetapi ada pengundian doorprize atau kata Coach Irwin bukan doorprize tapi harga pintu haha, maka acaranya bisa selesai sampai pukul 23.00 WIB. 

Aku pun yang termasuk mengikuti sampai acara selesai dalam tiga hari itu. Jadinya, aku pun ikut begadang. 

Beneran deh, penyelenggara acara Marathon Coaching Growthing ini baik banget. Kenapa? 

Karena acara Marathon Coaching Growthing ini bukan hanya kasih materi dengan pemateri yang ahli di bidangnya. Namun, ada banyak banget doorprize dan setiap akhir acara pasti ada doorprize-nya.

Doorprize-nya juga nggak kaleng-kaleng hadiahnya. Ada yang hadiahnya akun Canva Pro sebulan, akun Moz Pro sebulan, domain my.id, buku jurnal yang covernya dari kulit, saldo Gopay, dan yang aku tunggu-tunggu adalah doorprize kelas Growth Blogger. 

Dua hari pertama ketika ada pengundian doorprize namaku tak muncul-muncul. Alhamdulillah saat hari ketiga namaku muncul. Tepat sekali saat hari blogger nasional. 

Terus Bagaimana Cara Menjadi Blogger Sukses?


Oke well, inilah inti dari tulisan ini. Aku akan sharing skill apa saja yang diperlukan untuk menjadi blogger sukses. 

Simak sampai habis ya. 

1. Skill Meningkatkan Page View

Bolehkah aku bertanya, apa tujuanmu ngeblog?

Ingin sharing ilmu?
Ingin melakukan terapi dengan menulis?
Atau ingin mendapatkan penghasilan?

Apa pun motif kalian dalam ngeblog tak ada yang salah. Nah, agar tujuan tersebut tercapai maka blog kita harus memiliki pengunjung yang banyak bukan?

Dengan banyaknya pengunjung blog, maka ilmu yang kita bagikan pun akan semakin bermanfaat bagi banyak orang. Bagi yang ingin dapat penghasilan dari ngeblog maka dengan banyaknya pengunjung blog kita, akan meningkatkan penghasilan kita juga.

Oleh karena itu, penting sekali buat kita punya skill tentang cara meningkatkan page view. Apa itu page view?

Page view adalah jumlah halaman yang dikunjungi oleh pengunjung blog. Misalkan ketika pengunjung blog kita masuk ke blog dan menemukan beberapa artikel blog yang menarik di blog kita maka jumlah page view pun akan meningkat. 

Jadi, page view bukanlah jumlah orang yang berkunjung di blog kita. Namun, jumlah halaman yang dikunjungi. Jangan salah sangka ya.  

Masalah yang terjadi pada kebanyakan blogger adalah mereka abai terhadap page view ini. Bahkan masih banyak yang bingung juga tentang cara meningkatkan page view. 

Rata-rata blogger masih berfokus pada authority tapi lupa untuk optimasi. Padahal dengan meningkatkan page view ini ada banyak manfaat yang didapat.

Materi tentang page view ini dijelaskan dengan sangat gamblang oleh Mba Rini. Aku dan Mba Rini pernah satu grup dan udah sejak lama menunggu sharing materi blogging dari beliau. Akhirnya keturutan di acara ini. 

Manfaat Meningkatkan Page View

Jadi, apa pentingnya sih blogger belajar cara meningkatkan page view? Tentu penting dan ada manfaatnya. Berikut ini manfaatnya:

  1. Bagi para pejuang adsense dengan page view tinggi akan meningkatkan pendapatan dari adsense. 
  2. Meningkatkan conversion rate. Setiap postingan di blog kita kan ada tujuannya. Boleh jadi cuma sekedar sharing, jualan, atau main affliate. Dengan jumlah page view yang tinggi otomatis akan meningkatkan tujuan yang ingin kita capai. Nah, bahasa bulenya itu conversion rate. 
  3. Pernah lihat rumah makan yang rame terus? Nah, kenapa mereka rame? Ya, karena makanannya enak. Analogi tersebut juga sama dengan blogger. Semakin tinggi page view maka menandakan blog kita semakin berkualitas. 
  4. Meningkatkan Peluang Kerjasama dengn Rate (Tarif) yang Tinggi. Biasanya ada brand yang mencari kerjasama dengan blogger. Adaya page view tinggi ini bisa jadi sarana kita untuk bernegosiasi mendapatkan rate card atau tarif yang tinggi. 
Nah, itulah manfaat dari meningkatkan page view. Sekarang yuk kita bedah langsung cara-caranya ya. 

1. Melakukan Riset Keyword

Blogger yang baik menurutku adalah mereka yang menuliskan tulisan bermanfaat dan menawarkan solusi bagi pembacanya. Dulu sebelum aku tahu tentang cara menaikkan page view, aku asal menulis saja apa yang ada di kepalaku.

Ternyata yang baca juga sedikit. Nah, alhamdulillah setelah belajar riset keyword atau riset kata kunci, sekarang lumayanlah pengunjungnya. Bahkan, tanpa perlu kita promosi blog kita, page view nambah sendiri.

Jadi, penting untuk melakukan riset keyword. Kalau kita ingin menulis jangan lupa ya untuk menyisipkan keyword di dalamnya. 

Ada banyak tool untuk riset keyword, mulai dari yang gratis hingga berbayar. Ini rekomendasi tools untuk riset keyword. 

  1. Kalau kata Mbak Rini pake intuisi atau feeling masalah apa yang paling banyak terjadi dan dicari di google. 
  2. Menggunakan Google Suggestion. Itu loh kalau kamu cari kata kunci tertentu, otomatis google akan kasih saran kata kunci lain di bawahnya. 
  3. Menggunakan Google Keyword Planner.
  4. Menggunakan Neil Patel 
  5. Keywordfinder.io

2. Menulis Artikel atau Konten SEO & Human Friendly

Ngeblog itu bukan sekedar nulis yang penting jadi. Ternyata, kita menulis untuk dua pembaca, satu mesin pencari dan manusia. Oleh karena itu, kita perlu menulis artikel atau konten blog yang ramah bagi mesin pencari dan pembaca kita yakni manusia. 

Caranya bagaimana? 

Ya, dengan membuat artikel yang SEO (Search Engine Optimization) dan human friendly. Dulu aku tahunya SEO itu CEO haha. Ternyata beda. Cara membuat artikel SEO friendly ada dalam gambar berikut ya. 
Ceklis Artikel SEO Friendly
Sumber: Materi Presentasi Kak Rini Novita Sari 



3. Link Building

Nah, cara ini adalah cara agar website lain merekomendasikan blogmu dalam artikelnya. Misalkan ada artikel di website detik.com yang menjelaskan tentang pentingnya menjaga kesehatan. Kemudian pada keyword beras organik mereka menyisipkan link blogmu. Nah, itulah maksud dari link building.

Semakin kredibel website yang merekomendasikan blog kita, maka semakin tinggi peluang page view meningkat. 

4. Membuat Artikel Viral 

Nah, cara ini juga cepat mendatangkan page view. Cari keyword apa yang sedang viral dan buatlah postingan tentang keyword itu. Caranya bisa dicari di google trends. 

5. Optimasi Kecepatan Situs

Jangan lupa untuk mengecek kecepatan blogmu ya. Karena blog yang waktu loadingnya lama akan membuat pembacanya kabur. 

6. Blogwalking

Ini istilah silaturahminya para blogger dengan cara berkunjung pada blog teman di komunitasnya dan meninggalkan jejak dengan berkomentar. 

7. Desain Blog yang Menarik dan Navigasi yang Jelas

Desain blog ibarat desain rumah. Semakin bagus desain blog akan membuat orang betah berlama-lama di blog kita. Apalagi bila ditunjang dengan navigasi yang jelas. 

8.  Mengulik Google Search Console

Kalau kamu punya blog jangan lupa untuk mendaftarkan blogmu pada google search console. Karena apa? Ada banyak manfaatnya. 

Kamu bisa tahu performa blog kamu di mesin pencarian. Bahkan kamu bisa tahu keyword apa yang paling banyak dicari di blog kamu. Menarik bukan? Dari sini kamu bisa membuat konten yang sejenis dengan keyword yang sedang populer. 

9. Mengulik Google Analytic
Google Analytic itu penting
Sumber: Materi Presentasi Kak Bahrul Ilmi



Kalau sudah menautkan blog kamu di google search console, kurang lengkap rasanya apabila tidak menautkannya pada google analytic. 

Di sini kamu akan dapat laporan lebih lengkap lagi tentang performa blog kamu. Bahkan dari sisi demografisnya juga kamu bisa tahu. 

Kamu juga bisa tahu pengunjung semua halaman dalam blog kamu. Caranya gimana, buka analytics>behaviour>site>content>all pages. 


Nah, itulah sembilan cara yang bisa kamu gunakan untuk mendatangkan lebih banyak page view dalam blog kamu. Oh ya, Mbak Rini juga membocorkan hal-hal yang menjadi indikator klien untuk bekerja sama dengan seorang blogger. 

Apa sajakah itu? Kamu bisa lihat dalam slide ini ya. 

Selanjutnya skill apa saja yang dibutuhkan agar menjadi seorang blogger sukses? 

2. Skill Personal Branding di Media Sosial

Branding Media Sosial 
Sumber: Materi Presentasi Kak Ilham Sadli 


Nah, kamu udah punya blog, ngomong-ngomong blogmu rata-rata membahas tentang apa? Sebagian besar topik yang ada di blogmu akan menjadi personal brandingmu.

Misalkan kamu suka menulis tentang parenting di blog, maka kamu akan dikenal sebagai seorang parenting blogger. 

Penting banget loh personal branding ini. Ibaratnya itu ketika orang menyebut namamu maka identitas tertentu muncul. Misalkan ketika orang menyebut namamu maka orang akan bergumam, "Oh, itu blogger yang suka menulis tentang parenting ya." 

Selain dari tema blog itu sendiri, personal branding perlu dibangun di media sosial kamu. 

"Kamu ingin dikenal sebagai apa di media sosialmu."

Nah, cara untuk personal branding di media sosial adalah sebagai berikut: 

  1. Tentukan siapa audience kamu. Ini penting loh, agar kamu bisa menyesuaikan konten yang kamu buat dengan audience kamu. Audience ini meliputi jenis kelamin, usia, pendapatan, domisili, minat dan lain sebagainya. 
  2. Tentukan kamu ingin dikenal sebagai siapa di media sosial. Apakah dikenal sebagai seorang blogger yang suka menulis parenting atau identitas lainnya.
  3.  Buatlah akunmu berbeda dengan akun lainnya. Cara membuat akunmu berbeda dengan yang lainnya adalah bisa dari caption, foto, atau sudut pandang. 
  4. Tentukan arah akunnya. Buatlah sapaan yang khas di sosial media kamu.
  5. Hal yang terakhir adalah jangan lupa konsisten untuk update setiap hari ya. 
Oh ya, materi tentang personal branding ini disampaikan oleh Kak Ilham Sadli. Bahkan Kak Ilham Sadli memberikan trik khusus agar bisa tambah follower di twitter yang berpengaruh juga meningkatkan follower instagram. 


3. Skill Fotografi 

Smartphone Fotografi
Sumber: Materi Presentasi Teh Gemaulani


Loh emang penting ya blogger punya kemampuan fotografi? Penting dong, kamu bisa memulainya dari smartphone kamu kok. 

Kenapa penting? Karena google lebih menyukai blog yang fotonya itu adalah foto milik si blogger sendiri. Bisa sih pakai foto dari situs semisal pixabay, tapi ya nanti jangan ngambek kalau ada gambar yang sama. Hehe.

Nah, dalam acara marathon coaching growthing ini ada materi fotografi yang diisi oleh Kak Gilang Maulani. Materi yang dibawakan itu tips mengabadikan objek dengan smartphone. 

Kenapa kita perlu memakai foto original jepretan kita sendiri? Ini alasannya:
  1. Nggak usah deg-degan dengan copyright karena itu foto original.
  2. Lebih dipercaya pembaca ketika mengulas produk atau tempat.
  3. Gambarnya tidak pasaran.
  4. Bisa dijadikan sebagai sarana branding, dengan menanmbahkan watermark pada gambar kita.
  5. Nah, ini kita bisa dapat backlink gratis.
Nah, persiapan untuk memotret dengan smartphone adalah sebagai berikut:
  1. Ponsel berkamera
  2. Konsep dan tema foto.
  3. Nuansa dan properti
  4. Backdrop
  5. Pencahayaan 
  6. Angle
Saran dari teh gemaulani, panggilan akrab Kak Gilang Maulani, untuk memotret dengan kamera ponsel disarankan yang memiliki resolusi minimal 12 MP. 

Kemudian pencahayaan bisa menggunakan cahaya alami yang biasa disebut cahaya illahi. Atau juga bisa menggunakan pencahayaan buatan, dalam hal ini bisa menggunakan dua lampu belajar berwarna putih.

Perhatikan pencahayaan, pencahayaan bisa dari belakang, depan, atau samping. Oh ya, sebelum memotret jangan lupa tentukan tema, apakah tema modern, minimalis, tradisional, dan lain sebagainya.

Nah, untuk komposisinya buat pemula disarankan komposisi dead centre yakni objek ada di tengah. 

Komposisi Untuk Pemula 
Sumber: Materi Fotografi Teh Gemaulani



Saran teh gemaulani, sering-seringlah untuk memotret. Misalkan kita butuh hanya satu foto, tapi jepretlah berkali-kali. Dengan seperti itu feeling kita akan terasah untuk menemukan angle yang bagus, komposisi yang menarik. 

 4. Skill Search Engine Optimization (SEO)

Nah, ini skill penting banget untuk para blogger ketahui dan minimal menguasai dasarnya. Karena apa? Agar meningkatkan kemunculan blog kita di ranking pertama google. Nah, dalam coaching marathon growthing ini pembahasan tentang SEO lebih masuk ke diskusi santai. 

Dari diskusi santai ini aku jadi tahu tool untuk mengecek situs kita apakah ada yang error, broken link, atau printilan hal lainnya yang membuat SEO kita kurang bagus, semisal meta deskripsi yang terlalu banyak dan sebagainya. 

Tool tersebut bernama Screaming Frog SEO Spider. Ada versi gratisan dan berbayar, untuk versi gratisan hanya bisa mengecek 500 link yang ada di blogger sedangkan versi berbayar bisa lebih banyak dan lengkap. 

Dalam diskusi santai ini ada yang dibedah blognya dengan tools ini, kemudian diberikan penjelasan apa yang error dan perlu diperbaiki. 

Penampakan dari Screaming Frog SEO Spider



Kesimpulan

Nah, itulah empat skill dasar yang perlu dimiliki seorang blogger agar menjadi blogger sukses. Acara Marathon Coaching Growthing ini benar-benar membuatku diisi banyak asupan gizi ilmu dunia blogging dan entah mengapa pagi harinya saat aku bangun, jadi lebih semangat hehe. 

Semoga sharing ini bermanfaat ya dan kamu paham cara menjadi blogger sukses. Selamat praktek!



 

  • Share:

You Might Also Like

58 komentar

  1. Semangat ustadzah lala, semoga dengan menjadi blogger semakin sukses menebar pintu-pintu kebaikan. Kami bangga punya guru seperti ustadzah lala. Sukses terus ustadzah lala!

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Siap suhu, sedang giat belajar dan memperluas network

      Hapus
  3. Bermanfaat sekali kak❤️ semoga barokah ❤️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah senang sekali kalau bisa bermanfaat :)

      Hapus
  4. Semoga dimudahkan segala urusannya dan terus berkembang sbg blogger Indonesia ❤

    BalasHapus
  5. Semangattt mbakkk nabbbbb... Bsok kita belajar tentang blogging lagiii yakkkkk πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰

    BalasHapus
  6. MasyaAllah, dapat ilmu lagi dari Kak Nabila. Sukses teruss buat Kak Nabila..

    BalasHapus
  7. Mabtabbbzz Mbak sharing-nya.
    Mbak Nabila dan Mbak Rini, ajak-ajak ya kalau mau belajar😁😁.


    BalasHapus
  8. Luar biasa tulisannya, sangat membantu bagi yang gak sempat mengikuti acara Marathon Coaching Growthing.

    BalasHapus
  9. Mantap sister, harus terus ditekuni apapaun passion kita ya. Sukses terus! Smoga niatku ingin menulis selurus niatmu skg ini.

    BalasHapus
  10. MasyaAllah mbakk..tulisannya sangat bermanfaat ���� makasiih mbaa.keep writing!!

    BalasHapus
  11. MasyaAllah bermanfaat sekali Mbak. Semakin semangat belajar buat ngeblog

    BalasHapus
  12. Wah, sukses selalu Mbak Nabila, saya juga kemarin ikut MarathonCoaching, hehe

    BalasHapus
  13. Mantap sekali ilmunya Kak. Makasih udah sharing :)

    Keep going and keep writing :D

    BalasHapus
  14. Sungguh menginspirasi sekali mbak, semoga bisa ketularan ilmu dan komitmennya dalam berkarya di dunia bogging.

    BalasHapus
  15. Masyaa Allah.. sukses selalu mbak nabila

    BalasHapus
  16. Banyak sekali ya langkah yang harus dilakukan.. Tapi memang harus ditekuni satu-satu.. Keren.. semoga blog mbak Nabila makin sukses dengan ilmu barunya.

    BalasHapus
  17. Makasih sharing ilmunya, sangat membantu untuk blogger pemula kaya aku. Semangat ngeblog istiqomah ya.

    BalasHapus
  18. Masya Allah, mantul banget ilmunya, Mbak.
    Jazakillah Khair, sangat bermanfaat. Semoga bisa mengikuti jejak Mbak Nabila, menjadi bloging yang sukses.

    Sukses selalu buat Mbak Nabila.

    BalasHapus
  19. Thanks for sharing Mbk Nabila. Semoga bisa mengikuti jejak sampeyan menjadi blogger yg sukses.

    Insyaallah saya segera menuju ke sana..

    BalasHapus
  20. Wah, pembahasannya lengkap. Keren. Artikelnya sangat bermanfaat. Terima kasih sudah dishare ya, Mba.

    BalasHapus
  21. Aku juga ikutan marathon coaching ini, Mbak. Bermanfaat banget untuk nambah skill sebagai blogger. Sukses ya, Mbak Nabilaaa.

    BalasHapus
  22. Nyesel ih gak ikutan acaranya, sebagai blogger yang isi blognya cuma buat curhat jadi tertarik buat monetize akun pake jurus ginian yang bener2 menghasilkan.

    Punya cita-cita sih pensiun kantoran dan jadi blogger expert, tapi banyak banget PR yang belum tahu. Thanks banget ibuk sharingnya, bakal pelajarin satu2 dan termotivasi buat lebih banyak ikutan webinar atau event ginian aahhh.

    BalasHapus
  23. Mantap mba sharing nya, inspiratif.
    . . Jadi bikin tambah semangat belajar nulis... πŸ™πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  24. Tulisan yang renyah dan bergizi. Bermanfaat sekali bagi saya yang juga sedang belajar menulis dan ingin mempunyai blog. Selamat dan sukses terus mbak Nabila

    BalasHapus
  25. Saya juga ikutan webinarnya, kece sih hehe

    Coba dari dulu kenal SEO biar gk banyak PR. Lah sekarang PR nya buanyak, mana belom dikerjain lagi wkwk

    BalasHapus
  26. Top deh moga jadi motivator sukses

    BalasHapus
  27. Mantap Mba, inspiratif.. jadi tambah semangat belajar nulis ������

    BalasHapus
  28. Blog saya masih jadul dan ecek2 nih... makasih banyak ilmu barunya mbak ❤❤ harus diterapkan nih

    BalasHapus
  29. Blog saya masih jadul dan ecek2 nih... makasih banyak ilmu barunya mbak ❤❤ harus diterapkan nih

    BalasHapus
  30. Makasih banyak ya share ilmunya, berguna banget untuk blog saya yang masih primitif πŸ˜€

    BalasHapus
  31. Waah seneng banget ya bisa banyak belajar. Saya ngeblog juga udah lama tapi belum serius diisi. Tahun ini mulai belajar blog lebih serius dan beli domain juga tapi msh on proses. Nanti aku mau tanya-tanya boleh ya mba 😘

    BalasHapus
  32. Terima kasih min, sangat berguna sekali untuk mengembangkan lagi blog topeng blantek fajar ibnu sena.

    BalasHapus
  33. Aku jadi tambah termotivasi bikin blog berkualitas.

    BalasHapus
  34. Mantul banget tulisan mbak Nabila.

    BalasHapus
  35. Menyenangkan mengetahui ada kiat-kiat bermanfaat seperti ini. Saya juga pernah ikut2an bikin blog di tahun yang sama denganmu, tapi akhirnya mati suri karena kurang pengetahuan dan ide menghidupkannya.

    BalasHapus
  36. Semoga kedepan bisa ikut event seperti ini lagi, supaya blog aku lebih dikenal.

    BalasHapus
  37. Semoga dunia blogging terus berkembang dan semakin memasyarakat.

    BalasHapus
  38. Sukses terus blogger tanah air, asah terus skill menulis blog sehingga tambah dicintai oleh pembaca

    BalasHapus
  39. Berguna banget nih buat nubi kaya aku

    BalasHapus
  40. Semoga blog saya jadi semakin dikenal lagi

    BalasHapus
  41. Pingin banget jadi blogger sukses. Tips yang ada di artikel ini akan segera aku aplikasikan.

    BalasHapus
  42. Aku harus mengasah skil fotografinya nih, sebab belum maksimal pada bidang ini.

    BalasHapus
  43. Ajarin cara buat link building yang baik dong mbak

    BalasHapus
  44. Terima kasih, sangat bermanfaat nih... jadi tahu tentang apa yang harus dimiliki oleh seorang blogger....

    BalasHapus
  45. masyaaAlloh keren mba Lala 🀩
    Ilmunya merangkum semua di atas ya. Sukses selalu mba

    BalasHapus
  46. Blog-nya keren, inspiratif... sukaaaa ❤❤❤

    BalasHapus
  47. Wah... Tulisannya inspiratif sekali. Terima kasih sudah berbagi, Mbak.❤️

    BalasHapus
  48. MashaAllah.. sangat bermanfaat kak!!

    BalasHapus
  49. Salam kenal kakak Lala. Boleh kunjungi blog saya http://harmoniyustia.blogspot.com/

    BalasHapus
  50. Mantap ini materinya. Semua yang wajib dipahami blogger ada di sini. Makin sukses dengan blognya ya,mbak 😊

    BalasHapus
  51. Barakallah Mbak, materinya mantap.
    salam kenal ya mbak.
    Wah, sama-sama dari Banjarnegara, sama-sama alumni Undip jugaa.

    BalasHapus
  52. Ulasan yang keren, dan ada info tool (Screaming Frog SEO Spider) yang belum pernah saya temui. Pengen segera menjajal tool itu. Terima kasih. Salam sukses.

    BalasHapus