Kumparan Platform Media Berita dengan User Experience Mengagumkan, Tampilkan Berita Terkini dan Terupdate yang Kamu Banget

By Nabila Ghaida Zia - Mei 29, 2020






Sudah hampir tiga bulan kita di rumah saja, skill atau pengetahuan apa nih yang bertambah? Biar pengetahuanmu makin bertambah coba deh buka website kumparan. Meski di rumah saja kita nggak boleh ketinggalan informasi loh. Adanya kumparan ini kita bisa jadi orang update karena konten beritanya dibuat terkini dan terupdate.

Adanya kumparan membuat masa pandemimu menjadi masa learning zone. Saat pandemi dan dirumah saja menjadi waktu yang tepat untuk kita mengasah keahlian kita dan menambah pengetahuan baru. 

Kamu juga bisa loh nulis di website kumparan, tulisanmu yang dipublish di kumparan bisa dibaca oleh banyak pengguna kumparan loh. Apakah kamu tertarik?

Apa itu Kumparan?

logo kumparan

Kumparan merupakan platform berita yang dirilis pertama kali pada bulan Januari 2017. Kumparan didirikan dengan tujuan untuk menjadi platform pertama di Indonesia yang menggabungkan teknologi berbasis jurnalisme dan memungkinkan interaksi antara semua pengguna dalam satu platform khusus.

Kumparan bisa diakses dari device manapun mulai dari layar komputer maupun layar handphone kamu. Kerennya lagi kumparan ini menggunakan teknologi yang bernama teknologi personalisasi algoritma yang  membantu kumparan mendistribusikan konten berita yang berkualitas pada pembaca yang tepat dan waktu yang tepat.

Teknologi yang dipakai kumparan ini membuat kumparan menjadi bukan media online biasa. Teknologi yang jadi andalan kumparan adalah machine learning atau mesin pembelajaran. Teknologi  machine learning memberikan otomatisasi yang membantu meningkatkan pengalaman user experience dan juga proses produksi berita.

Teknologi  machine learning yang digunakan kumparan memanfaatkan data-data dari para pembacanya. Data-data tersebutlah yang digunakan untuk otomatisasi. Data-data yang dikumpulkan berupa kebiasaan pengguna membaca artikel dengan topik apa, kapan waktu membacanya, jam berapa dan berapa lama pengguna membaca sebuah artikel. Wow keren kan?

Wujud penerapan teknologi  machine learning adalah dengan adanya personalisasi artikel. Secara otomatis kumparan akan memunculkan informasi yang sesuai dengan preferensi pengguna. Misal aku suka sekali baca informasi dengan kategori Mom di kumparan maka info tentang Mom ini akan muncul di barisan paling atas halaman muka.

Otomatisasi bukan hanya bagi pengguna saja dalam produksi berita pun diterapkan. Misalnya adanya otomatisasi pada deteksi typo pada artikel. Selain itu juga otomatisasi ini akan memasukkan artikel sesuai dengan kategori channel yang ada di kumparan. Misalkan aku menulis tentang topik bisnis maka akan langsung otomatis masuk ke channel bisnis.

Oh ya teknologi  machine learning ini juga berguna sekali buat kamu yang ingin beriklan di kumparan. Karena iklan itu bisa langsung ditujukan pada target market yang tepat.

Menarik sekali bukan? kumparan jadi platform media berita yang menampilkan info yang ‘kamu’ banget. Semacam cenayang, kumparan bisa tahu apa yang kamu pengen baca. Wah patut dicoba ya biar pengetahuanmu selama pandemi ini makin bertambah,

Tampilan Homepage Kumparan.com

Kalau kamu baru saja membuka halaman awal kumparan maka apa yang pertama kamu lihat?

Seperti biasa tentu ada menu bar dan konten ya. Nah menariknya di kumparan ini saat pertama kali kamu membuka halaman awal kumparan maka kamu akan disajikan dengan tampilan yang menarik. 

Aku mencoba membuka kumparan di dua device yakni layar komputer dan layar handphone. Untuk layar komputer maka hasilnya seperti terlihat di bawah ini.

Homepage Kumparan
Homepage Kumparan Layar Komputer

Bagian atas sendiri ada logo, lonceng pemberitahuan, icon profil milikku dan tombol untuk membuat tulisan (create story). Impresi pertama yang muncul ketika buka kumparan ini kayak buka sosial media, ada akun milik kita dan kita juga bisa posting tulisan di kumparan.

Oh ya, terkait algoritma personalisasi itu benar-benar bekerja banget. Berita yang aku suka baca di kumparan adalah terkait kategori Mom. Maka iklan yang muncul saat aku membuka kumparan ya terkait produk-produk parenting dan mom. Contohnya gambar diatas ada iklan tentang susu formula enfagrow. Keren ya teknologinya.

Untuk tampilan mobile-nya lebih eye catching banget, dibawah berita headline ada kotak tombol berwarna-warni yang mengelompokkan berita sesuai dengan kategori seperti trending, collection, kumparan derma, opini dan cerita, video dan pusat informasi corona. Ini dia tampilan mobile-nya.

 

kumparan
Homepage Tampilan Mobile

Kalau untuk tahu profil kita di tampilan mobile kumparan, kamu tinggal klik tombol tiga baris yang ada di sebelah kiri. Maka akan muncul informasi icon akunmu. Gambarnya bisa dilihat seperti ini. Sayangnya aku tidak menemukan tombol untuk create story seperti yang ada di tampilan komputer.

 

Menu mobile kumparan

Oke lanjut pembahasan tentang halaman awal kumparan ya. Pada baris awal sendiri di halaman awal, kumparan menampilkan headline utama yang didampingi dengan berita yang trending. Headline utama yang dimunculkan pada halaman awal ini biasanya sejumlah tiga headline.

Headline Utama Kumparan

Disamping headline utama dalam versi layar komputer akan ada informasi tentang berita yang sedang trending. Berita yang trending ini bisa dari beberapa kategori. Kalau di tampilan mobile berita trending ini berada di bawah headline utama .

Kalau kamu scroll halaman awal sampai bagian bawah sendiri maka kamu akan menemukan berita dengan beberapa kategori. Apa saja kategori itu?

Di bawah headline utama ada kategori collection yang berisikan informasi konten ekslusif mengenai isu yang menarik. Uniknya ada gambar cover yang lucu-lucu, ketika gambar tersebut diklik maka kamu akan diarahkan pada sekumpulan konten mengenai isu yang sesuai dengan judul cover-nya.

Melihat kategori collection ini jadi keingat majalah. Ilustrasinya menarik sekali. Adanya kategori collection ini membuat kamu tidak bingung untuk membaca konten terkait isu tertentu. Tinggal klik saja gambarnya.

Scroll ke bawah lagi, setelah collection maka kamu akan menemukan kategori berita yang ada di kumparan seperti news, entertainment, video, mom, woman, tekno & sains, food & travel, otomotif, bola & sport, bisnis, opini & cerita. Setiap kategori tersebut dibagi menjadi tiga kolom, kolom paling kiri berisi headline, kolom tengah berisi berita yang sedang trending dan kolom paling kanan berisi berita yang terbaru.

Headline Tiap Kategori

Kategori Berita di Kumparan

Kumparan ini memberikan pengalaman pengguna  (user experience) yang menarik bagi penggunanya. Pengguna diberikan kenyamanan membaca berita sesuai dengan kategorinya. Kategori berita yang bisa dibaca pengguna ada di bagian menu bagian atas. Apa saja kategorinya? Yuk simak kategorinya berikut ini:

Kategori Trending, berisikan berita informasi yang sedang trending dalam minggu ini.

Kategori Video, berisikan video terkait berita terbaru dan terupdate.

Kategori Collection, berisikan konten ekslusif terkait isu yang menarik.

Kategori krispi, berisikan berita dengan karikatur.

Kategori opini & cerita, berisikan berita pilihan editor kumparan.

Kategori news, berisikan berita hari ini dan terkini.

Kategori entertainment, berisikan kumpulan berita dari dunia hiburan yang terkini.

Kategori Mom, berisikan informasi tips parenting dan mom hari ini.

Kategori Woman, berisikan informasi tips lifestyle terkini

Kategori Tekno & Sains, berisikan berita teknologi dan sains hari ini.

Kategori Food & Travel, berisikan konten kuliner dan travel terkini.

Kategori Otomotif, berisikan berita terkait otomotif hari ini terkini.

Kategori Bola & Sport, berisikan berita terkait bola dan olahraga hari ini terkini.

Kategori Bisnis, berisikan berita tentang berita bisnis hari ini terkini.

Dari kategori yang ada, kumparan mencoba merangkul berbagai pihak dengan interest yang dimasukkan dalam beberapa kategori. Kategori yang ada menunjukkan bahwa kumparan ingin memberikan informasi yang seluas-luasnya dengan berita yang terkini dan terupdate.

Isi Informasi Berita

Contoh Berita 

Ketika aku mengamati isi beritanya maka inilah hasil analisisku.

Untuk headline berita, rata-rata headline atau judul berita mencakup minimal 3 unsur dari 5W+1H (what, who, when, why, where, dan how). Misalnya berita yang berjudul  Anies-Riza Tinjau Puskesmas Kramat Jati, Pastikan Faskes Siap Jika PSBB Berakhir. Dalam judul berita itu ada 3 unsur berita yakni What, Who, dan Where. Penjabarannya sebagai berikut

What: Apa beritanya? Beritanya adalah peninjauan puskesmas.

Who : Siapa yang melakukan peninjauan? Anies dan Riza

Where : Dimana peninjauan itu dilakukan? Puskesmas Kramat Jati.

Oke, itu analisisku dari segi headline atau judul beritanya. Sedangkan dari isi seluruh berita maka berita kumparan cukup informatif dengan memenuhi unsur berita yakni 5W + 1 H. Selain itu ada pendukung berupa kutipan langsung dari narasumber. Kutipan yang digunakan kombinasi antara emosi dan informasi.

Ketika pengguna membaca satu buah berita maka kumparan akan memberikan  berita lainnya yang berkaitan dengan berita yang sedang dibaca. Hal itu menjadi trik yang cukup efektif membuat pengguna betah berlama-lama untuk membaca berita di kumparan.

Ketika pengguna tak hanya membaca satu berita saja di kumparan, maka akan meningkatkan user experience.

Gambar yang disertakan dalam berita pun selalu dicantumkan judul gambarnya dan darimana gambar itu berasal. Sehingga tidak menyalahi copyright dan etika jurnalisme. Dari sini kita melihat bahwa kumparansangat menjunjung etika jurnalisme.

Dalam setiap berita, pengguna bisa memberikan responnya terhadap berita itu baik dengan like, komentar ataupun share ke berbagai social media yang ada.

Keunikan Kumparan Dibanding Platform Media Berita Lainnya

Ketika membahas sebuah produk barang atau jasa kurang afdhol rasanya apabila tidak membicarakan tentang keunikan atau kelebihan yang menjadi differensiasi sebuah produk jasa atau barang.

Sekarang ini ada banyak sekali platform media berita yang bermunculan. Setiap platform media pasti punya ciri khas dan keunikan masing-masing yang membuat pengguna bisa merasakannya. Lantas apa keunikankumparan dibanding platform media berita lainnya?

1. Kumparan Adalah Platform Media Berita Kolaboratif, Pengguna Bisa Juga Menulis Berita Disana

Keunikan kumparan dengan platform media berita lainnya adalah kolaborasinya dengan pengguna kumparan. Berita dan informasi yang ada di kumparan tidak hanya ditulis oleh penulis dari kumparan saja namun juga ditulis oleh penggunanya juga setelah dimoderasi oleh editor kumparan.

Sehingga kita bisa lihat ketika membuka berita kumparan, penulisnya bisa dari siapa saja. Tidak hanya akun kumparan saja bahkan akun pribadi bisa menulis disana. Maka tak heran ada fitur create story di halaman paling atas.

Kita bisa banget nulis di kumparan dan kalau tulisan kita bagus bisa masuk trending atau pilihan editor. Dashboard untuk menulisnya juga sederhana dan enak sekali untuk menulis. Layaknya menulis di blog sendiri pokoknya.

Tulisan yang sudah ditulis maka akan dimoderasi oleh editor, kalau tulisannya tidak melanggar panduan komunitas nanti pasti di publish kok.

2. Komunitas dan Entitas Media Bisa Menambah Saluran Distribusi Kontennya di Kumparan

Kumparan sepertinya sangat mengerti prinsip kesuksesan sekarang ini. Sukses sekarang ini bukan hanya tentang kompetisi namun juga kolaborasi. Sehingga Kumparan membuka kesempatan bagi media online lainnya untuk menambah saluran distribusi kontennya di kumparan.

Komunitas dan entitas media bisa membuka akun kumparan tipe publisher. Dengan membuka akun kumparan tipe publisher ini memungkinkan entitas media cetak atau online untuk mengundang penulis-penulis yang sesuai untuk menjadi contributor di akun kumparan publisher yang telah mereka buat.

Wow inovasi kolaborasi yang keren !

3. Kumparan Bisa Mempromosikan Story Pengguna

Selain bisa menulis di kumparan, seorang pengguna juga punya kesempatan agar tulisan atau story yang ditulis dipromosikan oleh kumparan. Tulisan yang dipromosikan oleh kumparan akan masuk tulisan pilihan editor. Namun sebelumnya tulisan kita akan disunting terlebih dahulu.

Bagaimana caranya agar tulisan kita dipromosikan oleh kumparan? Tentunya ada syaratnya dong. Syaratnya adalah tulisan, foto, video atau komentar kita mengandung unsur sebagai berikut:

  • -          Story telling yang kuat
  • -          Informasi baru atau eksklusif
  • -          Unsur estetika yang baik
  • -          Berpotensi viral
  • -          Mengandung unsur emosional yang kuat

Nah, kalau tulisanmu ingin dipromosikan jangan lupakan unsur diatas ya.

4. Kumparan Punya Fitur Riwayat Baca

Riwayat Baca

Nah, fitur ini yang paling aku suka dan tidak pernah kutemukan di platform media berita lainnya. Fitur riwayat baca ini keren banget. Setiap artikel yang pernah kita baca akan masuk di fitur riwayat baca.

Ketika aku pengen baca artikel yang dulu-dulu maka aku tinggal buka saja fitur riwayat baca. Keren banget deh. Aku nggak perlu repot cari info di artikel yang pernah aku baca. Inovasi yang bagus. Kalau di Instagram seperti fitur save, yang memungkinkan kita untuk baca lagi di suatu waktu.

5. Fitur Statistik yang Ada Membuat Layaknya Buka Blog Sendiri

Fitur statistik

Kalau kita klik icon profil maka ada menu statistik. Menu statistik ini akan menampilkan beberapa matrik. Matrik yang ada seperti page view, unique visitors, spent time, likes, comment and share. Matrik statistik itu membuat kumparan layaknya blog kita sendiri.

6. Adanya Notifikasi Berita Terbaru

notifikasi

Keunikan berikutnya adalah kumparan ini layaknya sosial media. Sosial media seperti facebook akan memberikan notifikasi ketika ada aktivitas baru. Kumparan juga punya notifikasi untuk setiap penggunanya terkait berita yang baru saja di-update.

Notifikasi yang ada juga dibagi menjadi dua yakni notifikasi konten dan aktivitas. Notifikasi konten berisi update berita terkini sedangkan notifikasi aktivitas berisi aktivitas follow profil, like, komentar dan share pada story yang menarik.

7. Teknologi Personalisasinya Memberikan Info yang ‘Aku’ Banget

Kumparan ini punya teknologi machine learning yang memanfaatkan data-data penggunanya. Sehingga berita atau informasi yang disajikan akan disesuaikan dengan preferensi, minat dan kebiasaan pembacanya.

Aku membuktikannya sendiri, ketika aku mencari informasi di google tentang informasi MPASI, eh ketika membuka kategori Mom maka headline pertama yang muncul tentang MPASI. Wow keren sekali. Jadi kita tak perlu buang waktu dengan membaca info yang tidak relevan dengan ketertarikan kita.

8. Kategori Krispi yang Memanjakan Visual Pengguna

Krispi

Ketika membaca kategori krispi, keningku berkerut, kategori apakah itu? Ternyata kategori krispi itu adalah kategori berita dengan karikatur. Kumparan menyajikan berita bagi mereka yang tak terlalu suka dengan banyak teks, maka disajikan dengan adanya karikatur.

Pada kategori krispi juga beritanya disajikan dengan gaya story telling yang kuat. Story telling yang kuat ini membuat pembaca tidak merasa bosan dan bisa menyerap dengan baik isi berita.

9. Kategori Collection Membuat Pengalaman Membaca Berita Layaknya Membaca Majalah

Koleksi

Kategori collection ini jadi konten yang menarik. Pada kategori ini terdiri dari beberapa isu menarik. Dikemas dalam bentuk cover layaknya majalah, ada ilustrasi yang menarik dengan tulisan terkait topik tertentu. Di bawah gambar cover ada keterangan jumlah konten yang ada didalamnya.

Aku suka sekali membuka kategori collection ini karena membawaku pada pengalaman membaca majalah. Ilustrasinya lucu-lucu sekali. Kategori ini membuat kesan untuk pengalaman pengguna menjadi naik.

Saran Perbaikan Untuk Kumparan

Tak ada yang sempurna di dunia ini. Kesempurnaan hanya milik Tuhan. Dari berbagai keunggulan kumparan, ada beberapa sisi yang perlu diperbaiki. Aku mencoba mencari tahu kecepatan website kumparan dengan google speed test.

Hasil kecepatan website kumparan bila diukur dengan google speed test skornya ada di angka 13 dari skor tertinggi yakni 100. Ini bisa dikatakan bahwa kecepatan website kumparan masih kurang. Maka saran perbaikan ke depan semoga kecepatannya bisa ditingkatkan lagi.

Kecepatan

Kecepatan sebuah website penting karena riset dari google menyatakan bahwa 53 % pengguna internet meninggalkan website yang loading-nya lebih dari 3 detik. Penelitian kissmetrik menyatakan 79 % pengunjung tidak akan mengunjungi web yang lama loadingnya.

Namun pengalaman pribadiku bila harus membandingkan kumparan dengan platform media online lainnya maka platform kumparan termasuk yang paling cepat karena iklannya tidak terlalu banyak. Sedangkan platform media berita lainnya ketika baru membuka halaman awal sudah disuguhkan dengan iklan yang memenuhi layar handphone , sehingga membuat pengguna kerepotan untuk membaca berita di dalamnya.

Kumparan adalah start-up karya anak bangsa yang memberikan inovasi pada dunia media online, memberikan berita yang positif, terkini dan terupdate dan menghadirkan pengalaman pengguna yang mengagumkan. Karena kumparan ini adalah karya anak bangsa dengan kualitas yang bagus patut kita dukung.

Tulisan ini diikutsertakan untuk lomba blog marathon THR Kumparan. Teman-teman juga bisa mengikuti lomba blog marathon THR Kumparan dengan klik disini ya.

Lomba Marathon Blog Kumparan
Oh ya, yang belum ikutan buruan ikutan ya, karena lomba diperpanjang sampai tanggal 1 juni 2020

Sukses selalu kumparan, berikan informasi terbaru, terupdate dan anti hoax.

#TenanguntukMenang #BerkahNulisdiRumah


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar