9 Cara Menulis Novel Best Seller Ala Asma Nadia

By Nabila Ghaida Zia - Mei 12, 2020



Cara Menulis Novel Best Seller
Cara Menulis Novel Best Seller
sumber: ligabukubandung.com



Pengen tahu cara menulis novel best seller ala Asma Nadia? Yuk baca terus ya.

Kamu pasti sering bingung gimana ya cara menulis novel untuk pemula? Sekarang tinggal google semuanya ada. Namun kalau pengen menulis novel best seller ya kudu belajar langsung dari penulis yang karyanya sudah best seller. Salah satunya adalah Asma Nadia.

Siapakah Asma Nadia itu? 

Bagi para penulis, nama asma nadia itu sudah tidak lagi asing. Buat kamu penulis pemula wajib tahu nih siapa asma nadia itu. Kamu bisa googling tentang asma nadia maka akan banyak info yang termuat disana. 

Asma Nadia adalah nama pena dari Asmarani Rosalba. Beliau sudah bertahun-tahun malang melintang di dunia kepenulisan khususnya novel. Beliau juga adalah penulis papan atas Indonesia. Beliau sudah menulis buku melebihi jumlah usianya. 

Asma Nadia telah melahirkan kurang lebih 55 buku yang semuanya best seller dan 10 diantaranya diangkat untuk difilmkan. Filmnya pun membuat kesan di hati pemirsa. 

Sebagai seorang penulis, pernah nggak sih kamu tanya dalam diri, kira-kira kenapa ya ada penulis yang begitu populer dengan karyanya yang best seller namun yang lainnya biasa saja. Ternyata ada rahasianya loh. 

Kamu perlu banget belajar cara menulis novel best seller ala Asma Nadia. Aku dapat materi ini berbayar namun aku pengen sharing kepada kalian secara gratis. Semoga jadi wasilah buat kalian untuk tahu cara menulis novel best seller. 

Rahasia Cara Menulis Novel Best Seller Ala Asma Nadia


Yuk tanpa berlama lagi, aku kasih tahu ya rumus rahasiany cara menulis novel best seller ala asma nadia.

Sebelum tahu cara menulis novel best seller maka yuk tanamkan pikiran bahwa,

There is nothing new under the sun.

Artinya adalah bahwa segala sesuatu yang di dunia ini sudah pernah terjadi, diciptakan atau dilihat. Begitu juga dengan cara menulis novel best seller. Hampir semua idenya sudah pernah ada namun tergantung penulisnya bagaimana cara untuk mengemas ide itu menjadi berbeda sehingga menarik banyak pembaca. 

Hal yang membuat penulis unggul dengan penulis lainnya adalah cara penulisannya, cara mengemas tulisan sehingga bisa merangsang imajinasi pembacanya. 

Jadi apa saja rahasia cara menulis novel best seller ala Asma Nadia? 

1. Rutinkan Menulis

Kunci dari penulis mahir dan best seller adalah biasa merutinkan menulis. Menulisnya pun sampai tuntas. Ketika punya ide maka ia tuliskan hingga tuntas. Rutinkan setiap hari dengan menulis. Dengan rutin menulis dari awal hingga akhir maka kita akan terlatih membuat unsur unsur dalam tulisan seperti cara membuat opening, konflik, mengenalkan tokoh, menggiring imajinasi pembaca. 

Daripada waktu kita terbuang dengan buat status yang unfaedah maka cobalah dengan merutinkan menulis setiap hari. Tulislah satu naskah hingga tuntas dan lanjutkan ke naskah berikutnya. 

2. Munculkan Ide yang Segar 

Ide segar itu bukan berarti harus yang baru sekali dan belum pernah ada dan ditulis oleh penulis lainnya. Cobalah munculkan ide segar yang belum banyak penulis lainnya tulis. Buatlah ide itu menjadi tulisan yang menarik dan membuat orang lain pengen kepo untuk membaca tulisan kita lebih lanjut.

Contohnya nih bunda Asma pernah nulis tentang rumah tanpa jendela. Tulisan itu mengangkat tema kemiskinan namun yang membuat tulisan itu menarik adalah beliau tidak menuliskan kemiskinan secara biasa orang menuliskan. Dalam tulisan itu Asma Nadia menuliskan tentang kisah seorang anak yang punya impian. Impiannya sederhana sekali yakni pengen punya jendela.

Sederhana kan? Karena rumah si anak tadi tidak ada jendelanya. Sudah tinggal di pemukiman kumuh namun tidak punya jendela.

3. Sajikan Tulisan yang Memikat

Ide boleh sama dengan orang lain namun yang membuat orang lebih memilih tulisan kita adalah cara penyajiannya. Ibarat nasi goreng, apa bedanya nasi goreng di pedagang kaki lima yang harganya terjangkau dan di restoran bintang lima dengan harga wah. Rasa sama enaknya namun apa yang membedakannya?

Hal yang membedakan adalah "Cara Penyajiannya." Begitu juga dengan menulis penting untuk menyajikan tulisan yang memikat. Baik dari sisi opening, konflik, diksi yang dipilih, alur cerita hingga ending. Garaplah semua unsur dalam cara menulis novel dengan sebagus mungkin.

4. Ada Pesan yang Menggerakkan Hati Pembaca

Cara menulis novel best seller itu harus punya faktor X untuk pembaca merasa tergerak dan betah untuk melanjutkan ke halaman berikutnya. Kalau kita sudah menulis novel yang memikat secara diksi dan komponen lainnya maka hal selanjutnya adalah menyisipkan pesan atau esensi yang membuat pembaca tergerak. 

Cara menyisipkan pesannya pun ada tekniknya, kita sebaiknya memberikan pesan secara non verbal. Pembaca kan baca buku salah satunya untuk hiburan. Jadi pesan yang disampaikan jangan bersifat ceramah kecuali kalau buku itu memang khusus ceramah.

Cara menyisipkan pesan di novel bisa dengan percakapan, atau refleksi diri yang dihadapi si tokoh. 

5. Personal Branding si Penulis

Hal lain yang membuat novel best seller adalah si tokoh sendiri. Selain kita berproses sebagai penulis maka kita perlu berproses membuat personal branding. Apa yang kita sukai, apa yang membedakan diri kita dengan lainnya. 

6. Perluas Jaringan Pembaca

Networking itu penting, sekarang ini adanya kemudahan internet membuat cara berjejaring semakin mudah dengan sosial media. Sekarang tulisan yang diminati itu adalah tulisan yang punya basis pembaca. Maka jangan lupa untuk memperluas jaringan pembaca kita. Apalagi sekarang banyak sekali aplikasi khusus untuk menulis novel seperti watpadd, joylada, novelme, mangatoon dan lainnya.

7. Pasarkan Bukumu

Cara novel bisa best seller ya dengan banyak yang membeli buku. Maka penting banget bagi seorang penulis pemula selain belajar teknik menulis namun juga belajar cara memasarkan. Belajarlah cara memasarkan secara online maupun offline. Tidak masalah kalau kamu pribadi punya toko online sendiri yang memasarkan bukumu.

Jangan lupa manfaatkan sosial media baik facebook, twitter, instagram atau marketplace yang lain. 
Asma Nadia dulu ketika melakukan perjanjian dengan penerbit maka beliau minta launching minimal  di tiga kota. 

Kamu bisa loh buat launching secara online dengan membuat webinar, itu bisa banget menjangkau orang di banyak kota juga. 

8. Tulis Buku yang Dibutuhkan Masyarakat

Buku itu ibarat obat bagi permasalahan masyarakat yang ada. Pastikan buku kamu menjadi kebutuhan bagi pembaca. Sehingga pembaca mencari buku tersebut yang menjadi kebutuhan bagi pembaca dan tidak sekedar untuk hiburan. 

Sederhananya misalkan kamu ke toko buku , kamu mencari buku yang kamu butuhkan namun tidak kamu temukan. Itulah saatnya kamu mulai menulis buku yang kamu butuhkan. Siapa tahu orang lain juga membutuhkannya. 

9. Belajar Lewat Kelas Novel Online Bareng Asma Nadia

Kelas Novel Online Asma Nadia

Nah kerennya sekarang banyak penulis yang buka kelas secara online. Dari segi efektifitas itu efektif banget karena bisa ikut secara online. Keuntungan lainnya adalah belajar lanngsung bareng asma Nadia. Aku pernah ikut kelas bareng bunda asma dan itu sangat worth it banget buat dicoba. 

Oh ya, ada promo menarik nih tentang kelas novel online asma nadia. Besok tanggal 14 Mei 2020 ada promo flash sale. 

Belajar Cara Menulis Novel Bareng Asma Nadia selama enam hari hanya bayar Rp. 49.999 saja dari harga normal Rp. 299.000 saja. Tapi itu hanya berlaku 24 jam saja ya. Manfaatkan yuk. 

Gimana cara dapetinnya yuk kontak aku disini ya biar aku bantu amankan kursimu.

Nah itulah cara menulis novel best seller ala asma nadia. Semoga bermanfaat bagi kalian yang mencari cara menulis novel untuk pemula. 




  • Share:

You Might Also Like

0 komentar