Budget Planning Menuju Pembatik Level 3 Part 1

By nabilaghaidazia.blogspot.com - September 15, 2019


Rasanya masih tidak menyangka masuk ke dalam 30 besar guru se-Jawa tengah yang diberikan kesempatan untuk belajar di pembaTIK level 3 yang diadakan oleh Pustekkom dan Kemdikbud. Dengan masuk 30 besar maka one step closer menuju duta rumah belajar. 

Apa itu pembaTIK level 3 dan duta rumah belajar? 

PembaTIK sendiri merupakan akronim dari pembelajaran berbasis TIK (Teknologi informasi dan komunikasi). Jadi bukan pelatihan membatik ya : D. Nah kegiatan ini bertujuan agar guru-guru di Indonesia itu meningkat kompetensinya baik secara profesional maupun pedagogik. Secara sekarang udah masuk revolusi industri 4.0 jadi guru harus lebih melek teknologi dong. Biar nggak kalah sama muridnya. 

Nah kalau duta rumah belajar itu apa ya? 

Gini aku mau cerita dulu. Jadi Kemdikbud punya program keren banget nih buat para guru dan siswanya mulai dari PAUD hingga SMA. Ada platform pembelajaran online yang menggunakan video dan audio. Platform online itu disebut rumah belajar. Banyak sekali fitur yang bisa diakses oleh guru maupun para siswa. Kabar gembiranya bahwa rumah belajar ini gratis. Semua bisa mengakses dengan biaya 0 rupiah. Buat yang mau kepo bisa buka webnya di belajar.kemdikbud.go.id 

Nah trus apa dong duta rumah belajar? Jadi seperti layaknya seorang duta maka tugas utamanya nanti adalah mengenalkan sebanyak mungkin platform rumah belajar ke banyak guru dan siswa. 

Aku juga awalnya nggak tau loh Kemdikbud dan Pustekkom punya platform keren gini, yang aku tahu hanyalah kuis kihajar yang sangat membekas di hatiku. Karena dulu tahun 2007 bisa menjadi salah satu finalis kuis kihajar di tingkat nasional dan bertemu banyak teman dari sepenjuru Indonesia. Saat itu aku masih SMP dan pertama banget bisa ngerasain naik pesawat gratis dan dibayari lagi. Alhamdulillah. 

Aku tahu ada seleksi duta rumah belajar saat Diklat guru PAUD dan semakin bersemangat mencoba ketika ibuku yang juga guru memberitahukanku bahwa pendaftaran duta rumah belajar sudah dibuka. Alhasil daftar deh. 

Jadi buat terpilih menjadi duta rumah belajar ada beberapa tahap. Bisa dilihat digambar ini. 

Tahapan seleksi duta rumah belajar.
Source : Instagram rumah belajar kemdikbud

Nah Alhamdulillah aku ada di level 3. Sebenarnya pas level 2 udah mau nyerah nggak ngumpulin tugas karena ada deadline nulis novel juga dari hipwee. 

Apa yang dimulai harus diselesaikan. 

Maka akhirnya aku membuat video pembelajaran. Ternyata membuat video itu butuh niat dan tekad sungguh-sungguh. Take video untuk durasi 7 menit butuh waktu 2 jam untuk mengambil videonya. Belum lagi proses editing.  

Aku nggak nyangka bisa masuk 30 besar. Secara basic pendidikan bukanlah S1 pendidikan tapi S1 statistika. Tapi Alhamdulillah Allah kasih kemudahan untuk belajar di bidang kependidikan. 

Nah pembaTIK level 3 ini akan diadakan di Semarang dari tanggal 19-21 September 2019. Karena domisiliku di Banjarnegara jauh dari Semarang maka banyak hal yang harus aku persiapkan.  Selain dokumen yang dibutuhkan, hal yang dipersiapkan adalah persiapan budget. 

Berhubung aku lagi hamil masuk 7 bulan maka kemana-mana aku harus pergi dengan suami apalagi perjalanan jauh. Kepala sekolahku pun mengijinkan bila ada mahram yang mendampingi. Karena pergi ke Semarang berdua maka budget planningnya pun dua kali lipat. 

Dalam melakukan budget Planning ini aku melakukan beberapa hal, yakni: 

  1.  Menentukan Pos-Pos Pengeluaran. Meski hanya beberapa hari maka ada beberapa pengeluaran yang harus dipikirkan. Pos transportasi pulang pergi, biaya menginap sehari sebelum hari-H. Jadi aku berangkat tanggal 18 September agar tanggal 19-nya aku bisa lebih fit. Trus akomodasi di Semarang. Pos makan sebelum pelatihan. Pos kegiatan lainnya sebelum pelatihan. Oh ya lupa pos oleh-oleh juga nih. 
  2.  Menentukan Pos-Pos pendapatan. Setelah mendetailkan pos pengeluaran apa saja yang diperlukan maka selanjutnya adalah menentukan kira-kira pendapatannya darimana saja. Setelah berdiskusi dengan kepala sekolah maka pos pertama yang didapat adalah mendapatkan biaya transportasi pulang pergi dari sekolah, kemudian ada pos transportasi lokal dari Pustekkom. 
Dua hal ini menjadi aturan dasar yang penting dalam melakukan budget Planning tak terbatas dalam kegiatan bepergian namun kehidupan sehari-hari pun bisa banget dibuat budget Planningnya. Dengan membuat budget Planning pikiran akan lebih tenang dan kantong jadi lebih aman 




  • Share:

You Might Also Like

8 komentar

  1. Haii mba nabilaa.. Alhamdulillah insyaAllah nanti kita nanti ketemuan yaa di C3 Hotel :)
    Samaba' aku juga ga nyangka bisa katut level 3 ini. Semangaat yuk menggunakan Rumah Belajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akhirnya ketemu juga ya bu dan bisa ngobrol hihi. Semangat mengerjakan tugas pembatik level tiga ya bu :)

      Hapus
  2. selamat mbk nabilla dn dewi april, Alahamdulillah bisa masuk 30 besar, banyak yg g nyangka juga masuk 30 besar mbak, bnyak guru guru hebat di jateng ini....
    semoga kita bisa melaksanakan amanah belajar ini dengan maksimal..
    modal nekad dan semangat....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat kak, semoga dipermudah juga dalam melakukan tugas pembatik level tiganya yah :D

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Hai Mba...insyaalloh ketemu yah di C3....
    Aku juga ga nyangka bisa nyangkut di 30 Besar...alhamdulillah...

    mau ikutan nulis di blog juga ah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat nulis lagi bu, Wah nggak nyangka kita sekamar ya bu

      Hapus
  5. iyaa....alhamdulillah bisa ketemu orang-orang hebat dan menginspirasi seperti mba Nabila di pembaTIK ini...
    dah lama ga buka blogspot...beralih ke wordpress...

    nursobahkimia.wordpress.com

    BalasHapus